Senin, 10 Oktober 2011

MENGENAL LINUX DAN DISTRIBUSINYA


Mengenal LINUX dan Distribusinya
1.       Debian Linux
Debian merupakan distro linux yang popular karena kestabilannya. System opersi Debian adalah gebungan software yang dikembangkan dengan lisensi GNU dan Kernel Linux sehingga popular dengan nama Debian GNU/Linux.  Banyak distribusi lainnya yang berbasiskan Debian antara lain : Ubuntu, MEPIS, DreamLinux, Damn Small Linux, Xandros, dan edisi Debian dari Linux Mint.
Debian dikenal karena pilihannya yang beragam. Versi stabil pada saat ini memuat lebih dari 29.000 paket software untuk sepuluh arsitektur computer.
Fitur yang menonjol dari debian adalah APT (Advance Packaging Tool) Yang merupakan Free user interface untuk menangani proses instalasi dan proses penghapusan software pada debian Linux dan turunannya. Hal yang unik dari Linux Debian adalah penanganan  pada versi yang menggunakan Code Name karakter pada film Toy Story, seperti Buzz, Rex, Bo, Lenny, dan Squeeze.
Pada saat ini debian telah mencapai versi 6.0 (squeeze) yang dirilis pada 6 Februari 2011 lalu. Untuk pertama kalinya diperkenalkan debian dengan Kernel non-Linux yaitu Debian GNU/kFreeBSD
2.       Redhat Linux
Red Hat merupakan Linux yang paling popular di Amerika dan dirancang khusus untuk server. Ia diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan server linux lainnya. Selain itu Red Hat juga bias digunkan sebagai Client maupun sebagai PC Desktop/PC Stand Alone. Saat ini Red Hat sudah beredar dengan versi 9.0 yang dapat menggunakan desktop Gnome dan KDE. Kelebihan lainnya ialah Red Hat mudah dalam instalasi.
Red Hat mensponsori fedora Project, sebuah proyek open source yang didukung oleh masyarakat/Komunitas yang bertujuan mempromosikan kemajuan pengembangan software dan  open Source Countent. Hl revolusioner lainnya ialah bahwa Red Hat Linux menciptakan format paket program  RPM (Red Hat Package) yang menjadi standar baku pada linux, yang kemudian digunakan oleh linux lainnya seperti Mandrake dan Caldera.
Red Hat baru baru ini juga telah merilis RHNS  (Red Hat Network Satelitte) Versi 5.4yang berguna untuk proses manajemen server berbasis Red Hat Enterprice Linux 6, tetapi juga bias digunakan untuk Red Hat Enterprince Linux versi sebelumnya.
3.       Mandrake Linux/Mandrive Linux.
Mandriva linux dulu dikenal sebagai Mandrake-Linux adalah system operasi yang dibuat oleh mandriva (dulu dikenal dengan nama Mandrakesoft). Perubahan nama ini disebabkan oleh adanya kasus sengketa mengenai hak cipta nama mandrake yang mirip dengan karakter King Feature yang bernama Mandrake The Magician.
Mandriva menggunakaRPM Package Manager yang awalnya dikembangkan oleh Red Hat Linux karena awalnya ini berbasiskan Red Hat Linux dengan KDE desktop Environment. Bila Red Hat di rekomendasikan sebagai server maka Mandriva dijadikan sebagai Client yang andal dan diutamakan menggunakan Prosessor Pentium. Tujuan awal diciptakan Mandriva ialah mempermudah penggunaannya dalam melakukan instalasi dan penggunaan linux itu sendiri. 
Fitur unggulan dari mandriva Linux adalah tersedianya mandriva control center yang mempermudahkan penggunaan beberapa pengaturan, live USB yang dapat dibuat secara manual atau dengan Unetbootin desktop yang menggunakan KDE dan Gnome sebagai desktop standart, tetapi juga menyediakan yang lainnya seperti Xfce dan TWM, dan menyediakan beberapa edisi linux. Beberapa fitur tersedia bebas, sedangkan yang lainnya dejual secara online.
4.       Slackware
Slackware pada awalnya merupakan turunan dari SLS (Softlanding Linux System) yang paling popular dari distribusi linux asli.  SLS mendominsi pasar sampai para pengembang memutuskan untuk mengganti format executable-nya dari a.out (format lama dari OS Linux Like) ke ELF (Executable and Linkable Format).
Slockware adalah distribusi linux yang pertama (1993) yang pernah mengalami masa kejayaanya ketika baru sedikit orang yang mengenal linux.  Slockware hadir dengan very yang sangat sederhana, tidak seperti distro linux lainnya. Slockware merupakan distribusi linux yang murni, dalam arti tampilnnya yang sangat mirip dengan UNIX sehingga membuat pengguna seperti menggunakan UNIX.
Pada 2005, Slockware tidak menggunakan GNOME  sebagai enviromentnya kemudia menyerahkan sepenuhnya pada dukungan komunitas. Hal tersebut cukup mengagetkan, pasalnya GNOME merupakan jenis desktop environment yang cukup banyak digunakan distro distro linux.
Awalnya, slackware dikembangkan untuk hardware PC berasitektur x86. Namun pernah ada arsitectur DEC Alpha, SPARC dan ARM. Versi stabil slackware x86 adalah 13.37 (sejak 23 april 2011), yang berisi dukungan untuk ALSA, GCC 4.6.2 Linux 2.6.37.6, KDE 4.5.5, dan Xfce 4.6.2.
5.       SUSE Linux
SuSE Linux awalnya di kembangkan oleh 3 orang mahaaiawa matematika asal Jerman.  Nama SuSE merupakan akronim dari “Software und System-Entwicklung” yang berarti “ Software and System Enviroment”. Rilis pertama SuSE Linux dimulai dari  versi 4.2 yang cukup sukses pada masanya walaupun pada masa itu baru mendukung Intel i386. Pengguna professional  de pasar Linux menuntut produk yang sesuai maka pada versi 5 ditawarkan produck SuSE Linux Business. Konsep ini kemudian tetap dijual melalui SLES (SuSE Linux Enterprince Server)yang dapat dipakai disamping siklus rilis dan pembaharuan yang panjang dengan dukungan tawaran dan pelatihan yang beragam.
Pada januari 2004, SuSE Linux di akuisisi oleh Novell dan berubah dengan nama SUSE(bukan akronim lagi) memang tidak banyak perubahan yang siknifikan karena nama SuSE sudah banyak dikenal penggemarnya. SuSE 9.1 merupakan versi pertama di bawah Novell, salah satu perubahanya ialah mulai juni 2004 di samping instalasi melalui FTP, CD untuk instalasi dasar tersedia di internet.
Pada April 2004 YaST ditempatkan dibawah Lisensi Public Umum GNU . pada 4 Agustus 2005 juru bicara dan hubungan antar masyarakat Bruce Lowry mengumumkan bahwa pengembangan SuSE akan lebih terbuka  dan bersama dalam proyek komunitas openSUSE berupaya menarik perhatian yang lebih luar dari pengembang dan pengguna.
openSUSE project kini telah merilis openSuSE 11.4 pada maret 2011 lalu. Untuk versi ini telah disertakan berbagai aplikasi dan patch  terbaru, seperti KDE 4.6.0, GNOME 2.32.1, dan Mozilas Firefox 4 beta 12.
6.       Ubuntu Linux
Ubuntu Linux merupakan salah satu distro linux yang popular di kalangan pengguna linux. Ubuntu merupakan salah satu distribusi linux berbasis debian. Proyek secara resmi disponsori oleh Canonical.Ltd..
Ubuntu telah memiliki banyak turunan, salah satunya yang masuk daftar sepuluh besar distro versi Distriwacth adalah Linux Mint. Turunan ubuntu lainya ialah Ubuntu Netbook Remix untuk penggunaan NetBook.
Saat ini Ubuntu sudah mencapai versi 11.04 dengan code name Natty Narwhal. Ubuntu menggunakan penomoran versi yang sangat unik, yaitu berdasarkan tanggal dan tahun rillis. Contohnya : adalah Natty Narwhal terbaru yang di rilis pada april 2011 (11.04)
System paket yang digunakan pada Ubuntu bernama APT (Advance Package Manager) dikembangkan oleh para developer GNU/Linux Debian. APT adalah seperangkat komponen yang mengotomatisasi penginstalan program, konfigurasi, dan pemguangan /Removing, suatu peket software dari system Linux/GNU. Tools system manajemen paket lebih sering dikenal dengan nama “Paket manager”.
Bila diperhatikan ubuntu versi terbaru ini memang mempunyai perubahan yang signifikan  bila dibandingkan dengan versi sebelunnya. Hal yang paling utama adalah perubahan interface grafisnya yang lebih atraktif. Perubahan posisi launcher pada sisi kiri pun menambah kesan indah. Ubuntu merupakan pilihan bagi anda yang mencintai tampilan dengan menggunakan desktop GNOME.
7.        BeckTrack Linux
BeckTrack Linux adalah salah satu distro linux yng merupakan merger dari WHAX dan Auditor Security Collection. WHAX merupakan distribusi linux berbasis Slax Atau Slackware, sedangkan Auditor Collector merupakan Live CD berbasiskan Knoppix. Knoppix sendiri adalah distro yang dikenal sebagai distro yang kali pertama memperkenalkan teknologi CD live.
Versi stabil BeckTrack Linuxpertama di rilis pada 26 Mei 2006. Versi kedua dirilis 6 maret 2007 yang memasukkan lebih dari 300 tools security, sedangkan versi beta 3 dari Becktrackdirilis pada 4 desember 2007, pada versi ini lebih dikhususkan pada support Hardware. Sementara versi beckTrack 3 dirilis pada 19 Juli 2008 pada BeckTrack ini dimasukkan Saint dan Maltego, sedangkan Nessus tidak dimasukkan serta tetap memakai kernel versi 2.6.21.5.
Untuk rilis versi terbaru yaitu beckTrack 5, ia sudah menggunakan kernel terbaru yaitu Linux 2.6.38 yang sudah di modif dengan berbagai jenis Patch Wireless. Distro ini sudah terbuka untuk di donload serta ia sudah memilki aplikasi yang lengkap  dan interface yang lebih menarik, dukungan interface juga dating untuk KDE4, GNOME, dan Fluxbox.
beckTrack 5 dengan kode name “Revolution”  ini merupakan rilis pertma yang menyertakan kode sumber secara penuh dalam repository.  Hal ini merupakan hal yang besar dan menyingkirkan semua isu yang menyatakan bahwa semua paket yang digunakan pada Becktrack berbayar, pada kenyataanya semua paket ini merupakan opessource dan merupakan penyempurnaan dari becktack versi 4.
8.       Fedora linux.
Fedora merupakan proyek yang dikembangkan oleh Red Hat pada tahun 2003. Nama Fedora berasal dari karakteristik Fedora yang digunakan pada logo Red Hat. Pada rilis 1 – 6 distro ini bernama “Fedora Core” yang kemudian berubah manjadi “Fedora” pada rilis Ke 7. Fedora dikenal di dunia Linux sebagai Distro yang menjadi pionir dalam penggunaan teknologi terkini dan merupakan distro yang dipakai oleh linux Torvalds.
Pada 2 november 2010 lalu tim fedora telah merilis fedora versi 14 yang diberi code name “Laughlin”. Fedora  14 sudah menyertakan sejumlah open source terkini untuk para pengguna desktop, development, dan system administrator.
Pada kategori pengembangan Fedora sudah menggunakan bahasa D, yakni bahasa yang mengkombinasi kemampuan bahasa C/C++ dengan produktifitas sintaks pemrograman Ruby/Python.
Sebagai default desktop fedora 14 menggunakan GNOME 2.32.0 dengan tampilan yang cukup interaktif.untuk system administrator fedora 14 menggunakan layanan Amazon EC2. Sementara untuk virtualisasi distro ini menyertakan Virt-v2 yang mempermudah proses migrasi dari Xen ke KVM. Untuk aplikasi kantoran distro ini menyertaka open office.org 3.3.0 sedangkan untuk grafis menggunakan GIMP 2.6.11 dan Shotwell 0.7.1.
Versi terbaru dari distro ini yaitu Fedora 15 yang dirilis pada 24 mei 2011 lalu.

Berniat untuk mencoba Linux?????

Sumber : PC MEDIA edisi 08/2011

0 comments:

Posting Komentar