Selasa, 14 November 2017

ANALISA KKO, MATERI DAN INDIKATOR

Nama Sekolah             : SMK N I Wewewa Barat
Mata Diklat                 : Teknik Elektronika Dasar
Kompetensi Dasar       : 4.2 Menguji Dioda Semikonduktor Sebagai Penyearah


4.2 MENGUJI DIODA SEMIKONDUKTOR SEBAGAI PENYEAARAH
      1. ANALISA KATA KERJA
            Menguji Verba (kata kerja) adalah : (1) memeriksa untuk mengetahui mutu kepandaian dan sebagainya) sesuatu dan sebagainya (2)memeriksa (3) mencobai.
Di jenjang ini, peserta didik diminta untuk menguraikan informasi ke dalam beberapa bagian menemukan asumsi, dan membedakan pendapat dan fakta serta menemukan hubungan sebab akibat.

     2. Analisa Materi
}  dioda semi konduktor merupakan komponen aktif elektronika yang dirancang untuk beberapa keperluan rangkaian elektronika, seperti penyearah tegangan bolak-balik, penstabil tegangan, proteksi tegangan balik induksi dan sebagainya.
}  kondensator atau sering disebut sebagai kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. kondensator memiliki satuan yang disebut farad dari nama michael faraday.
}  Kapasitor adalah komponen elektronika yang mempunyai kemampuan menyimpan electron-elektron selama waktu yang tidak tertentu. kapasitor berbeda dengan akumulator dalam menyimpan muatan listrik terutama tidak terjadi perubahan kimia pada bahan kapasitor, besarnya kapasitansi dari sebuah kapasitor dinyatakan dalam farad. pengertian lain kapasitor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan dan melepaskan muatan listrik. struktur sebuah kapasitor terbuat dari 2 buah plat metal yang dipisahkan oleh suatu bahan dielektrik. bahan-bahan dielektrik yang umum dikenal misalnya udara vakum, keramik, gelas, elektrolit dan lain-lain. jika kedua ujung plat metal diberi tegangan listrik, maka muatan-muatan positif akan mengumpul pada salah satu kaki (elektroda) metalnya dan pada saat yang sama muatan-muatan negatif terkumpul pada ujung metal yang satu lagi. muatan positif tidak dapat mengalir menuju ujung kutup negatif dan sebaliknya muatan negatif tidak bisa menuju ke ujung kutup positif, karena terpisah oleh bahan dielektrik yang non-konduktif.


3. ANALISI KURIKULUM
4.2.1.      Siswa dapat Menggambarkan susunan fisis dan simbol dioda penyearah menurut standar
               DIN dan ANSI.
4.2.2.      Siswa Dapat menjelaskan prinsip kerja dioda penyearah.
4.2.3.      Siswa dapat Melakukan pengukuran kurva arus tegangan dioda penyearah.
4.2.4.    Siswa dapat Membuat sebuah grafik untuk menampilkan hubungan arus tegangan dan menginterprestasikan parameter dioda penyearah

0 comments:

Posting Komentar