Sabtu, 03 Maret 2012

BEBERAPA DEFINISI//ISTILAH KOMPUTER


      1.       HWBOT
Kantor pusatnya di Belgia, merupakan komunitas Overclock. Sebagai wadah yang sangat segmented, HWBOT menyediakan keleluasan bagi member dengan berbagai kegiatan Overclock, Tools Overclock, tips dan Kompetisi dari barbagai tingkat, mulai dari amatir sampai die-hard.
      2.       IEEE 802,11 b/g/n (Institute of Electrical and Electronic Engineers)
Beberapa spesifikasinya meliputi 802,11 standar, 802,11a, yang di perkenalkan tahun2001 untuk standar transmisi 54Mbps pada band 5 GHz menggunakan modulasi OFDM, 802,11b yang dikenalkan pada tahun 1999 menggunakan modulasi DSSS, 802,11g tahun 2003 menggunakan transmisi 20+Mbps pada band 2,4GHz modulasi DSSS, dan 802,11a/g tahun 2003 menjadi standar transmisi 54Mbps  pada band 2,4 GHz dengan modulasi OFDM.
IEEE Digunakan sebagai standar pada jaringan tanpa kabel, standar terbaru ialah IEEE 802,11 n. Pada standar terbaru ini di tambahkan peningkatan pada mode transfer dengan adanya antena MIMO (Multiple In Multiple Out). Spesifikasi terakhir ini didasarkan pada dual band 2,4 GHz, dan terakhir pada 5GHz. Peningkatan ke mode ini diumumkan pada Oktober 2009
      3.       LAN
Adalah komputer jaringan yang hanya mencakup wilayah terkecil, seperti jaringan komputer kampus, kantor, dalam rumah, sekolah, atau yang lebih. Saat ini, kebanyakan LAN berbasiskan teknologi 802,3 Eternet menggunakan perangkat Switch, yang mempunyai kecepatan transfer data sebesar 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain  teknologi Eternet,saai ini teknologi WI-FI 802,11 b/g/n juga sering digunakan untuk membentuk LAN
      4.       WPA/WPA2
Singkatan dari WI-FI Protected Access (WPA) dan WI-FI Protected Access II (WPA2), merupakan protokol keamanan dan program sertifikasi keamanan yang dikembangkan oleh WI-Fi Aliance untuk mengamankan jaringan komputer nirkabel. Alliansi ini didefinisikan sebagai respon terhadap kelemahan serius yang telah ditentukan oleh sistem sebelumnya. WEP (Wired Equivalent Privasi). Protokol WPA mengimplikasikan sebagai IEEE 802,11i, untuk persiapan menuju standar baru tersebut.
       5.       FAT32
File Allocation Table merupakan arsitektur sistem komputer yang digunakan pada kebanyakan sistem komputer dan kartu memori, termasuk kartu memori yang ada pada kamera digital. FAT 32 merupakan revisi dari FAT 16 yang memiliki Cluster sebanyak 32 – bit angka. Ukuran maksimal file FAT 32 adalah 4GB. File yang lebih besar dari ukuran tersebut membutuhkan sistem file yang lain.
       6.       NTFS
New Technology File System merupakan standar file sistem terbaru yang kompatible dengan semua versi windows (mulai dari windows 2000 sampai windows 8 yang akan dirilis).  Keunggulan NTFS dari FAT 32 dan HPFS (High Performance File System) adalah mendukung metadata dan dapat digunakan untuk struktur data  advance d serta tambahan ekstensi seperti security ACL (Access Control Lists) dan file system Journaling.
      7.       EVDO-HSDP
Protokol ponsel dalam ranah 3,5G yang memperluas dan memperbaiki kinerja protokol UMTS (Universal Mobile Telecommunications System). HSDPA (High Speed Downlink Packet Access), HSUPA(High speed Uplink Packet Access) dan HSPA+(High Speed Packet Access +) adalah bagian keluarga dari HSPA (High Speed Pcket Access). HSPA  merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama, release 99 (R99). Dengan begitu HSPA bekerja jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan R99. Terkait jaringan CDMA, HSPA dapat disejajarkan dengan EV-DO (Evolution Data Optimized) yang merupakan prkembangan dari CDMA2000.
      8.       OMAP
Open Multimedia Application Pletform merupakan kategori khusus yang ditanamkan pada Chip-Chip (SOCs atau System  On Chip) yang biasanya ditanamkan pada aplikasi perangkat mobile  dan multimedia portable yang dikembangkan oleh Texas Instruments. Perangkat OMAP biasanya sudah termasuk penggunaan arsitektur prosesor ARM Core dengan 1 atau lebih co-prosesor
      9.       Turbo Boost Technology
Teknologi khusus yang diimplementasikan oleh ontel pada CPU berbasiskan Nehalem, termasuk Core i5 dan core i7. Teknologi Core Boost memnungkinkan dilakukannya peningkatan kecepatan core Clock CPU sesuai dengan kebutuhan.  Turbo Boost secara otomatis aktif ketika sistem menbutuhkan kinerja maksimal dari prosesor. Konsep ini juga sering disebut sebagai dinamik Overcloking.
      10.   NAS
Network Attached Strorage, sebuah server dengan sistem operasi yang dikhususkan untuk melayani file data. NAS dapat langsung diakses melalui sebuah jaringan area lokal dengan protokol seperti PCP/IP. Berbeda dengan file Server, keunggulan kecepatan data access, administrasi, dan konfigurasi lebih mudah.

0 comments:

Posting Komentar