Jumat, 02 Maret 2012

BEBERAPA ISTILAH KOMPUTER


      A.      RAM
        1.       ACCESS TIME,TIMING
Pengukuran  waktu dalam satuan nanoseconds (ns) yang menunjukkan kecepatan memory. Access time ditentukan saat dimulai kali pertama CPU mengirimkan perintah pertama kali ke memory hingga pada saat CPU menerima data tersebut
        2.       Bandwidth
Nilai kapasitas maksimal dalam pemindahan data dalam jaringan elektronik seperti BUS atau Channel. Atau bisa dikatakan sebagai jumlah data maksimal yang dapat dipindahkan dalam satuan waktu tertentu.
        3.       Buffered
Buffered ini maksudnya menambahkan komponen logika tambahan kedalam sebuah SIMM atau DIMM untuk meningkatkan arus keluaran. Ini dilakukan untuk menghindari pengurangan kualitas sinyal data akibat proses kapasitansi.
       4.       CAS
(Column Address Select/Strobe) adalah sebuah pin pengontrol yang terdapat pada sebuah Chip DRAM yang digunakan untuk mengaktifkan dan memilih alamat alamat kolom pada memory. Sebuah kolom yang dipilih pada DRAM ditentukan oleh data yang terdapat pada Pin Pin alamat ketika CAS menjadi aktif

     B.      MOTHERBOARD
      1.       FSB ( Front Side Bus)
    FSB berfungsi menghubungkan komponen komponen dalam komputer contohnya Prosesor  dengan memory utama. Perkembangan selanjutnya seperti Hyper Transport dan QPI.
      2.       IDE CONTROLLER
Salah satu fungsi yang dimiliki Chipset pada Motherboard untuk mengatur komunikasi data pada Harddisk, CD-ROM dan sebagainya serta me-manage-nya.
       3.       LGA (Land Grid Array)
Adalah jenis socket yang digunakan pada CPU khususnya Intel, yang mana kini pin berada pada socket, bukannya di Prosesor lagi. LGA memiliki beberapa model, mulai dari LGA 775, hingga LGA 2011, angka yang mengikutinya menunjukkan banyaknya kaki yang mengikutinya.
      4.       MicroATX
Salah satu istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang diakomodasi oleh motherboard atau Casing untuk menempatkan motherboard tersebut.
      5.       PATA/ATA
Paralel Advance Technology Attachment, yakni implementasi komunikasi data paralel antara harddisk dengan control panel berbasiskan IDE
     6.       SATA (Serial ATA)
Evolusi dari Paralel ATA yang menggunakan komunikasi Serial.
  
    C.      HARD DRIVE
      1.       NCQ (Native Qommand Queuning)
Merupakan Command protokol pada SATA yang memungkinkan Harddisk menentukan sendiri urutan perintah saat harddisk beroperasi. Selain memepercepat kinerjanya juga mengoptimalkan hard drive itu sendiri.
      2.       Perpendicular Recording
Proses perekaman data pada harddisk dengan  memosisikan arah Magnetisme di permukaan Platter secara vertikal dibandingkan cara konvensional (Horisontal). Dengan ini dibutuhkan ruang yang makin kecil di platter dan meningkatkan densitas data yang dapat ditampung, bahkan hingga puluhan kali lipatnya.
      3.       Spindle
Pada Harddisk Spindle mengarah pada poros tiang piringan tempat menampung data (pletter).
      4.       SSD (Solid State Drive)
Merupakan merupakan jenis terbaru dari harddrive yang mendasarkan penyimpanan data langsung di dalam Chipset (Solid State Electronic Componen).

     D.      VIDEO CARD
      1.       Aliansing
Suatu efek (aliansing) yang muncul karena citra atau sinyal dipetakan pada medium atau Display dengan resolusi lebih rendah. Pada grafis, efek ini terlihat pada penggambaran garis  atau sisi gambar terlihat seperti tangga (jaggies), terutama pada posisi yang memiliki kemiringan.
      2.       Core Clock
Nilai frekuensi yang dimiliki chip grafis pada video card. Semakin besar nilai frekuensi itu semakin tinggi kinerjanya, nilai frekuensi ini dinyatakan dalam satuan Hertz (Hz)
      3.       Direct3D
Salah satu fungsi API pada microsofr Direct. API ini digunakan untuk kendali pemetaan paramenter gambar di monitor yang di-render pada grafis 3D secara Real-time
      4.       D-Sub
Standard output port yang dipakai dari video card ke  monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin.
      5.       DVI-I
Salah satu varian DVI yang dapat dialiri sinyal analog dan sinyal digital. DVI sendiri merupakan konektor yang digunakan pada monitor LCD yang sangat efektif untuk mengurangi noise video saat dilakukan conversi dari digital ke analog dan sebaliknya.
6.       GPU.
Graphic Processing unit, adalah prosesor yang dipakai pada video card untuk pemrosesan gambar.
     7.       Memory Clock
Clock yang menunjukkan kecepatan kerja chip memory. Ia juga dinyatakan dalam satuan Hertz (Hz).
      8.       OpenGL
Sebuah 3D API yang didasarkan pada instruksi Open-Source. OpenGL adalah API yang paling banyak diimplementasikan pada hardware.
      9.       PCI Express
Standard slot interface untuk mengakomodasi add-on card.

     E.       PSU
      1.       Effisiency
Effisiency pada PSU adalah ratio perbandingan daya yang masuk (Input power) dengan daya yang dihasilkan (output power). Makin tinggi ratio effisiency makin sedikit panas yang dilepaskan ole PSU. Hal ini sedikit banyaknya mempengaruhi beban listrik. Selain itu karena suhu makin rendah, tingkat kebisingan PSU juga makin rendah karena dibutuhkan pendingin dengan putaran kipas yang rendah.
      2.       Active PFC
Karakteristik catuan daya arus bolak balik (AC) memiliki dua macam perhitungan data (Power) yaitu active dan reactive.  Reactive power pada PSU dapat dihasilkan dari beban nonlinier  sewaktu waktu PSU akan dibebani oleh high impulse, hal ini mempengaruhi tegangan masukan (main Voltage). Dengan active PFC, high impulse reactive dapat ditekan seminimal mungkin. Dengan ini PSU mengkonsumsi daya secara proposional.

     F.       SPEAKER
     1.       Coaxial
Adalah salah satu bentuk port koneksi kabel yang digunakan sebagai hubungan antar peralatan elektronik dalam mengirim data audio dan video. Selain mengirim data analog coaxial juga dapat mengirimkan data digital.
     2.       Decoder
Dapat berupa sofrware atau hardware, yang digunakan untuk mengubah data audio maupun video dari format digital ke format aslinya (analog).
     3.       Driver atau transduser
Adalah nama lain dari speaker itu sendiri, tidak termasuk box maupun komponen elektronik lainnya seperti amplifier. Ukuran tiap drive biasanya ditentukan dari diameter membran speaker dalam satuan inchi.
      4.       Equalizer
Alat pengukur tingkat amlpitudo dari batasan frekuensi tertentu.
      5.       High Level Frequency
High level frekuency pada audio biasanya berkisar antara 3 KHz sampai dengan 16 KHz atau diatasnya, ia lebih dikenal dengan sebutan Trebel.
      6.       Low level Frequncy
Range frekuensinya dibawah 250Hz untuk menghadirkannya digunakan speaker Subwofer.

      G.     KEYBOARD
      1.       Botton Mechanism
Strukstur mekanisme yang dipakai pada tombol tombol keyboard, bisa berjenis Spring standar, scissor, dan dua lengan penambah dalam posisi menyilang, dan chiclet yang berbahan karet.
      2.       Keystroke
Parameter daya tahan beberapa kali tombol  dapat ditekan sebelum menunjukkan gejala kerusakan.
      3.       Macro-Key
Tombol yang dimungkinkan untuk diprogram agar bisa melakukan input multy-key atau perintah perintah tertentu.
      4.       Peak Load
Batasan maksimal yang diperlukan untuk menekan satu tombol di keyboard.
      5.       Tactile feedback
Daya tolak dari tombol keyboard setelah dilakukan penekanan tombol oleh jari.
   
     H.      PC CASE
    1.       Case/casing
Adalah kotak tempat bernaungnya komponen komponen utama kompouter selain monitor dan keyboard yang bisa berbahan logam dan biasanya dilengkapi bahan plastik sebagai pelengkap bentuk untuk mempermanis tampilan.
      2.       Frame dan Cover
Adalah rangka dari case/chassis dan cover penutup. Ia biasanya dibentuk dari bahan logam.
      3.       Power Suply
Atau PSU adalah komponen yang biasanya di-bundle kedalam cassing (walau tidak mesti) sebagai unit yang meng-handle-alokasikan daya ke komponen komponen lain di dalam casing.
      4.       Cooling vent dan Auxuiliary (fan/Kipas)
Cooling Vent merupakan lubang lubang dimana aliran udara dapat masuk dan keluar dari casing. Dalam memaksimalkan aliran udara dalam casing biasanya sipasangkan kipas/fan.
      5.       Mounting Hardware
Biasanya didalam casing di-bunle beberapa unit untuk mounting, seperti mur dan baut.

     I.        NOTEBOOK
      1.       SO-DIMM
Kependekan dari Small Outline DIMM.  Merupakan versi lebih kecil dari DIMM standar yang biasanya digunakan pada komputer notebook (Mobile PC). SO-DIMM terbagi menjadi dua jenis yaitu : pertama untuk jenis yang memiliki jumlah pin sebanyak 72 pin, i merupakan memori berbasis 32-bit. Sementara jenis 144 pin adalah jenis memory yang memiliki interface 64-bit.
      2.       Touchpad
Adalah alat input yang biasanya digunakan pada laptop. Fungsinya adalah sebagai pengerak kursor. Kini touchpad juga memiliki fungsi untuk Zoom dan Scroll.

     J.        COOLING DEVICE
     1.       Heatpipe
Adalah pipa pipa yang digunakan untuk menyalurkan panas. Desain heatpipe memungkinkan penyerapan panas yang lebih baik dibandingkan denga n heatsink biasa. Hal ini karena integrasi Cooland atau bahan cair khusus di dalam pipa untuk mengalirkan panas.
      2.       Heatsink
Unit dari cooling device sebagai penyerap panas  dari prosesor, CPU, Chipset dan lainya. Deain Heatsink biasanya terbuat dari bahan aluminium atau tembaga dengan bentuk mrip sirip sirip dimana  udara  mengalir.
      3.       Kipas/Fan
Adalah komponen yang menghembuskan atau menarik udara yang melalui unit Heatsink atau heatpipeuntuk menjaga suhu di heatsink dan heatpipe tetap rendah.
      
      K.      SCANNER
      1.       Anamorphic sizing
Kemampuan scanner mengatur ratio gambar dari sisi horisontal maupun sisi vertikal, tanpa harus terpaku pada ratio gambar itu sendiri.
      2.       Artifact
Indiksi nyata untuk ketidaksempurnaan suatu gambar, yang disebabkan oleh keterbatasan hardware ketika reproduksi gambar tersebut.
      3.       Batch scanning
Proses scaning secara terus menerus dari beberapa sumber dengan menggunakan setting unik yang digunakan sebelumnya.


0 comments:

Posting Komentar